Menko PMK Kucurkan Bantuan Pemerintah di Mempawah

Menko PMK Kucurkan Bantuan Pemerintah di Mempawah
Menko PMK Puan Maharani foto bareng dengan warga dan anak-anak sekolah di Mempawah, Kalimantan Barat. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, MEMPAWAH - Beragam bantuan pemerintah mengalir ke masyarakat di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3). Bantuan tersebut disalurkan di hari ketiga kunjungan Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Kabinet Kerja di Kalbar.

Bantuan yang disalurkan Menko PMK berupa bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Program Makanan Tambahan (PMT), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Pantai Kijing, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

KIS diserahkan langsung kepada 98 orang dari 89.126 orang total penerima KIS di Mempawah. Bantuan KIP untuk 500 siswa yang terdiri atas siswa SD sebanyak 199 orang, SMP sejumlah 100 orang, SMA sebanyak 100 orang, SMK sejumlah 100 orang dan 1 orang siswa SLB.

Total bantuan KIP yang disalurkan di Kabupaten Mempawah adalah sebanyak 1.018 siswa.

Para siswa penerima bantuan KIP akan mendapat bantuan yang beragam sesuai dengan jenjang pendidikanya. Untuk siswa SD mendapatkan Rp. 450.000 per tahun, siswa SMP sebesar Rp.750.000 per tahun dan siswa SMA/K sebesar Rp 1 juta per tahun.

Sedangkan bantuan PKH, kali ini Menko PMK memberikan kepada 150 orang dari total PKH di Kabupaten Mempawah berjumlah 3.441 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk PKH Tunai sebanyak 2.156 KPM dan Non Tunai sebanyak 1.285 KPM.

Kepada para penerima PKH, Menko PMK berpesan agar uang bantuan yang diterima diambil sesuai dengan kebutuhan saja. Penerima PKH akan mendapatkan bantuan Rp 500.000 per tiga bulan sehingga dalam satu tahun menerima sebesar Rp 2 juta. Dana bantuan ini akan langsung masuk ke rekening tabungan masing-masing penerima manfaat program.

“Saya pesan jangan langsung diambil semua. Secukupnya saja sesuai kebutuhan, misalnya Rp. 100.000 atau Rp 200.000, sisanya biarkan tetap di tabungan. Saat ambil juga tak perlu berebutan dan berdesak-desakan karena uang ibu-ibu dijamin aman,” pesan Menko PMK.

Beragam bantuan pemerintah mengalir ke masyarakat di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3). Bantuan tersebut disalurkan di hari ketiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News