Menko PMK Lepas Perjalanan Api Mrapen Menuju Asian Games

Menko PMK Lepas Perjalanan Api Mrapen Menuju Asian Games
Menko PMK Puan Maharani melepas api abadi Mrapen untuk torch relay Asian Games 2018. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, GROBOGAN - Rangkaian torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 di Indonesia secara resmi ditandai dengan pengambilan api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/7).

Pengambilan api abadi ini dilakukan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

“Atas nama semangat dan keyakinan kita semua sebagai satu bangsa yang besar, dengan mengucapkan bismillahirrohmannirrohim saya melepas api abadi Mrapen untuk mengikuti prosesi penyatuan api torch relay Asian Games XVIII 2018 di Candi Prambanan. Selamat jalan, tetap berhati-hati, dan sampai jumpa” ujar Menko PMK Puan Maharani.

Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan tentu saja sukses pembukaan dan penutupan Asian Games XVIII menjadi sangat penting karena akan ada 5 milyar mata yang akan melihat event Asian Games dari seluruh dunia.

“Ini merupakan momen yang baik untuk meningkatkan UKM, ekonomi dan pariwisata di Indonesia karena 46 negara akan hadir ke Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang,” ujar Menko PMK Puan Maharani.

Api abadi Mrapen selanjutnya akan dibawa ke Candi Prambanan untuk disatukan dengan api Asian Games. Api yang diambil dari New Delhi tersebut saat ini sudah berada di Yogyakarta.

Usai disatukan, api akan dibawa berkeliling ke 53 kota dan 18 provinsi di Indonesia, sampai akhirnya mendarat di Jakarta. Api kemudian akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo tepat pada saat pembukaan Asian Games XVIII 2018 (18/8).

Ditambahkan dalam konferensi persnya, pemilihan api abadi Mrapen dilatarbelakangi sejarah bahwa api Asian Games tahun 1962 juga sudah diambil di Mrapen.

Rangkaian torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 di Indonesia secara resmi ditandai dengan pengambilan api abadi Mrapen oleh Menko PMK Puan Maharani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News