Menlu Berharap Malaysia Tak Dicurigai Lagi

Menlu Berharap Malaysia Tak Dicurigai Lagi
Menlu Berharap Malaysia Tak Dicurigai Lagi
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Marty Natalegawa memastikan tidak ada pencurian organ vital dari tiga jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meninggal di Malaysia. Hal itu mengacu pada hasil otopsi ulang oleh tim forensik Mabes Polri yang menunjukkan bahwa organ vital ketiga jenazah masih lengkap.

 

"Dari hasil otopsi ulang pada tiga jenazah, tim forensik Polri menyimpulkan bahwa dugaan adanya sejumlah organ tubuh yang hilang dari tiga saudara kita tersebut tidak terbukti," kata Marty dalam jumpa pers di kantor Kemenlu, Jumat (27/4).

Marty menjelaskan, sebelumnya Kemenlu telah mengirimkan tim khusus ke Malaysia untuk mengusut dugaan pencurian organ vital jenazah TKI. Tim diketuai oleh staf ahli Menlu dan diperkuat oleh unsur KBRI Kuala Lumpur, termasuk atase kepolisian dan pengacara KBRI.

 

Sejak 24 April lalu, ujar Marty, timnya telah menemui pihak-pihak yang terkait dengan autopsi jenazah tiga TKI -Herman (28), Abdul Kadir Jaelani (25) dan Mad Noon (27)- yang meninggal karena ditembak polisi Malaysia. Pihak yang dimintai keterangan antara lain kepolisian Port Dickson, RS Port Dickson, Kementerian Luar Negeri Malaysia, serta 5 dokter yang mengotopsi jenazah ketiga TKI di Malaysia.

 

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Marty Natalegawa memastikan tidak ada pencurian organ vital dari tiga jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News