Menlu Wang Yi Tegaskan Komitmen China, Pak Luhut Tersenyum Semringah

Menlu Wang Yi Tegaskan Komitmen China, Pak Luhut Tersenyum Semringah
Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri) saat melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (06/5). (ANTARA/FMPRC/mii)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan dukungan negaranya agar presidensi G20 Indonesia berkontribusi lebih banyak dalam mengatasi tantangan global pada era pascapandemi.

"China sangat mendukung Indonesia yang menjadi Ketua G20 dan mendorong KTT Bali nanti menghasilkan kesepakatan-kesepakatan tentang kesehatan global, transisi energi, tranformasi digital, dan berkontribusi positif dalam menghadapi tantangan di era pascapandemi," katanya di Beijing, Jumat (6/5), saat melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut dia, China juga siap memperdalam kerja sama dengan Indonesia di bidang politik, ekonomi, budaya, dan kemaritiman.

Sementara itu, Luhut berterima kasih kepada China atas dukungannya yang komprehensif kepada Indonesia dalam memerangi pandemi.

Dia pun menegaskan bahwa Indonesia siap melanjutkan kerja sama dengan China di bidang vaksin dan kesehatan masyarakat, meningkatkan kerja sama Sabuk Jalan (BRI), mendorong kerja sama dalam proyek-proyek strategis seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, kawasan industri, pembangunan infrastruktur, dan proyek kerja sama kemaritiman sehingga lebih bermanfaat bagi rakyat kedua belah pihak.

Ia berharap kedua belah pihak akan meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, budaya, media, dan bidang lainnya untuk meningkatkan saling pengertian dan persahabatan antara kedua bangsa. (ant/dil/jpnn)

Menlu China Wang Yi secara khusus menghubungi Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan untuk menyampaikan komitmen negaranya


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News