Menopause Dini Sebabkan Penyakit Jantung

Menopause Dini Sebabkan Penyakit Jantung
Menopause Dini Sebabkan Penyakit Jantung

jpnn.com - DALAM kondisi tertentu, sejumlah wanita akan mengalami menopause sebelum usia 45 tahun atau biasa disebut menopause dini. Sejauh ini para ilmuwan menduga hal ini disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Padahal sebuah studi baru menemukan bahwa wanita yang mengalami menoupause dini memiliki kemungkinan dua kali lipat mengalami serangan jantung atau stroke dibandingkan wanita yang tidak mengalaminya.

Penelitian dilakukan The North American Menopause Society ini mengatakan hal ini terjadi sebab jantung mereka memiliki ketidakmampuan untuk memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sebaliknya, hal ini tidak terjadi pada mereka yang mengalami menopause diusia 50 hingga 54 tahun.

"Setiap wanita pasti akan mengalami menopause, hanya waktunya saja yang berbeda. Untuk mencegah menopause dini dan menguangi resiko terkena serangan jantung, sebaiknya anda sering melakukan olahraga, diet sehat dan mulai menurunkan berat badan," kata peneliti Margery Gaas, seperti dilansir laman Medscape, Kamis (10/7).

Selain itu, untuk mengurangi ketegangan jiwa akibat menopause dini sebaiknya anda perlu melakukan kegiatan yang positif. (fny/jpnn)


DALAM kondisi tertentu, sejumlah wanita akan mengalami menopause sebelum usia 45 tahun atau biasa disebut menopause dini. Sejauh ini para ilmuwan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News