Menpar Dorong Citilink Terbang ke Destinasi Minim Akses

Menpar Dorong Citilink Terbang ke Destinasi Minim Akses
Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik biru) dalam pertemuan dengan Dirut Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo dalam pertemuan di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Selasa (11/4) sore. Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran direksi baru di PT Citilink Indonesia menemui Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Selasa (11/4) sore. Pertemuan yang digelar di lantai 16 Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata itu semakin mengerucutkan upaya membangun spirit Indonesia Incorporated dalam mengembangkan turisme di tanah air.

Awalnya, Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo yang didampingi Direktur Komersial Andy Adrian dan Direktur Operasional Arry Kalzaman Sudarmadji bermaksud bersilaturahmi dengan Menpar Arief Yahya. Namun, pertemuan berkembang menjadi ajang untuk mendiskusikan rencana maskapai BUMN tersebut dalam mendukung upaya menggenjot jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Menpar Arief Yahya mendorong Citilink membuka rute ke destinasi wisata baru yang belum memiliki konektivitas yang baik seperti Morotai. Tentu saja Arief tidak sekadar mendorong, tapi ada jurus khusus.

“Kemenpar siap untuk memberikan insentif bagi Citilink dan maskapai lainnya yang membuka chartered flight (penerbangan carter, red) dengan rute baru yang belum diterbangi sebelumnya, baik dari atau ke kota baru di Indonesia, maupun kota baru di negara pasar,” katanya di hadapan direksi Citilink.

Menurut Arief, melayani rute baru di destinasi yang masih belum memiliki konektivitas yang baik memang menjadi tantangan tersendiri. Istilahnya playing in the green field atau bermain di tempat yang benar-benar baru.

Bahkan, katanya, justru di lapangan baru itu pula Citilink bisa merambah bisnis lainnya. ”Airlines merupakan bisnis yang high profile namun profitnya tidak banyak, jadi harus mengembangkan bisnis di sektor lain, misalnya properti,” cetus mantan direktur utama PT Telkom Indonesia Tbk itu.

Menanggapi hal itu Juliandra mengatakan bahwa Citilik siap membantu program Kemenpar dalam meningkatkan konektivitas udara di Indonesia dengan pasar-pasar utama. “Ini merupakan upaya untuk melanjutkan kesepakatan yang telah dicapai direksi sebelumnya,” tuturnya.

Juliandra juga mengatakan, Citilik harus bersinergi dengan Garuda Indonesia dalam menggarap segmen pasar. Mantan direktur utama PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia itu memerinci, target market Garuda adalah kelas menengah ke atas.

Jajaran direksi baru di PT Citilink Indonesia menemui Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Selasa (11/4) sore. Pertemuan yang digelar di lantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News