Menperin: Negara tak Siapkan Anggaran Khusus untuk Proton

Menperin: Negara tak Siapkan Anggaran Khusus untuk Proton
Menteri Perindustrian Saleh Husin di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/2). Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perindustrian Saleh Husin menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki anggaran khusus untuk kerjasama antara Proton Malaysia dengan PT. Adiperkasa Citra Lestari milik Hendropriyono. Ditambah, kata dia, tak ada wacana mobil nasional yang akan dijalankan di Indonesia saat ini.

"Enggak ada anggaran khusus. Kita ini sekarang utamanya mengembangkan industri otomotif yang ada saat ini dengan meningkatkan komponen lokal," tegas Saleh di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, (11/2).

Indonesia, kata dia, saat ini lebih fokus membuka peluang investasi dari pihak manapun. Ini dianggap penting untuk membuka lapangan kerja lebih luas dan memberikan keuntungan bagi daerah-daerah tempat investasi di Indonesia. Jika tidak, tegasnya, Indonesia akan makin terlambat berkembang.

"Kita berlomba dengan negara lain seperti Vietnam, Thailand, Burma, kita beri rangsangan investasi. Kalau enggak, kita ketinggalan terus berlomba untuk tarik investasi," sambungnya.

Untuk memproduksi mobil nasional saat ini sendiri, kata Saleh, tidaklah mudah. Sehingga wacana itu, dipastikannya, belum terpikirkan oleh pemerintah. Pasalnya, ujar Saleh, biaya industri mobil saat ini sangat mahal dan memakan waktu lama untuk mempertahankannya dalam persaingan.

"Jangan berpikir satu tahun. Bisa saja mobil jangka waktu 5-10 tahun ke depan sudah dicemooh karena ini sangat padat modal. Bukan seperti bikin sepeda. Coba aja lihat industri otomotif di sini sebentar enggak kuat, bubar kan," tandas Saleh.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perindustrian Saleh Husin menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki anggaran khusus untuk kerjasama antara Proton Malaysia dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News