Menpora Ajak Warga Ingat Jasa Pahlawan di Hari Patriotik Gorontalo

Menpora Ajak Warga Ingat Jasa Pahlawan di Hari Patriotik Gorontalo
Menpora Zainudin Amali menjadi inspektur upacara. Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com, GORONTALO - Menpora Zainudin Amali membakar semangat warga Gorontalo ketika menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Patriotik ke-78, di Gelanggang Olahraga Telaga Gorontalo, Kamis (23/1).

Upacara sendiri digelar setiap 23 Januari, mengacu kepada kejadian di tahun 1942, saat Pahlawan Nasional Nani Wartabone bersama tokoh Gorontalo lainnya mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan ini dilaksanakan sebagai upaya memupuk semangat patriotisme dan nasionalisme yang telah terpatri di Gorontalo sejak sebelum kemerdekaan tersebut.

"Peringatan ini bermakna retrospektif mengingat kembali sejarah perjuangan, instrospektif mawas diri terhadap apa yang sudah dilakukan, dan prospektif menatap formula masa depan dengan realita kekinian," kata Menpora.

Selain Hari Patriotik, setiap 23 Januari juga diperingati sebagai Hari Deklarasi Provinsi Gorontalo yang saat ini sudah berusia 20 tahun.

Memasuki usia yang sudah dua dasawarsa, Menpora mengajak untuk melawan lupa terhadap tokoh-tokoh masyarakat yang mendeklarasikan. Tak hanya itu, tapi juga mengajak seluruh komponen yang ada di Gorontalo untuk bersatu padu demi kemajuan dan kesejahteraan.

"Akhirnya saya mengajak Pemerintah Gorontalo, Kabupaten/Kota se-Gorontalo, segenap masyarakat, dunia usaha, ASN, anak-anak generasi muda, pelajar, untuk membulatkan tekad, semangat, bersatu padu ambil bagian mengisi pembangunan demi Gorontalo yang lebih maju," kata Menpora yang merupakan putra asli Gorontalo tersebut.

Peserta upacara dalam giat ini tak sedikit, hampir 10 ribu orang ambil bagian, terdiri dari unsur instansi pemerintah, TNI/Polri, sekolah, dan masyarakat.

Menpora Zainudin Amali membakar semangat warga Gorontalo ketika menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Patriotik ke-78, di Gelanggang Olahraga Telaga Gorontalo, Kamis (23/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News