Menpora Amali Jadikan Perguruan Tinggi Pemandu Utama Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan

Menpora Amali Jadikan Perguruan Tinggi Pemandu Utama Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan
MoU dengan UGM, Menpora Amali Jadikan Perguruan Tinggi Pemandu Utama Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali dengan Rektor UGM Panut Mulyono menandatangani kerja sama tentang bidang kepemudaan dan keolahragaan, di Balairung Gedung Pusat Universitas Gajah Mada, Bulaksumur, DIY, Jumat (25/3).

Nota Kesepahaman atau kerja sama awal ini dipandang sangat penting oleh Menpora, karena Perguruan Tinggi selayaknya menjadi pemandu utama berbagai kegiatan yang banyak melibatkan pemuda dan aktivitas olah raga.

"Terima kasih Pak Rektor Prof Panut dan teman-teman di UGM. Pagi ini memang saya berada di kampus UGM dalam rangka penandatanganan kerjasama MoU baik yang terkait dengan kepemudaan atau keolahragaan. Karena kami menempatkan Perguruan Tinggi atau kampus itu menjadi pemandu utama kegiatan-kegiatan kepemudaan maupun keolahragaan," kata Menpora Amali dengan tegas.

"Apalagi kampus ini merupakan kampus legendaris, tertua dan tenama di negeri ini, kampus yang melahirkan pemimpin negara saat ini sebagai Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo), maka kerjasama itu sangat jelas," tambahnya.

Dalam bidang kepemudaan, perlu diketahui bahwa 25 persen struktur kependudukan negara kita itu pemuda. Jadi ini potensi yang luar biasa untuk bangsa ini dan harus bisa dikelola dengan baik. Jika tidak dikelola dengan baik justru menjadi bumerang dan akan menjadi beban di masa mendatang.

"Ada bonus demografi, tidak banyak negara yang mendapatkan. Alhamdulillah kita mendapatkan itu , maka kita persiapkan.

Nah Perguruan Tinggi yang punya fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sangat tepat untuk bekerja sama. Sekarang kami sedang mempersiapkan desain tentang kepemudaan kita seperti apa, kalau Desain Besar Olahraga Nasional sudah," jelasnya.

Untuk bidang keolahragaan, Perguruan Tinggi itu sebagai pemandu utama untuk prestasi khususnya untuk sport science. Hanya negara-negara yang memacu prestasi olahraga dengan dasar sports science maka prestasinya akan jauh melesat.

Menpora Zainudin Amali dengan Rektor UGM Panut Mulyono menandatangani MoU tentang bidang kepemudaan dan keolahragaan, di Balairung Gedung Pusat UGM, Jumat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News