Menpora Amali Upayakan Cabor Angkat Besi Makin Diminati Masyarakat

Menpora Amali Upayakan Cabor Angkat Besi Makin Diminati Masyarakat
Rombongan kloter pertama atlet Indonesia yang sudah kembali ke tanah air disambut langsung Menpora Amali di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (29/7) pukul 23.30 WIB. Foto: Dok Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali mengatakan pihaknya akan berupaya mensosialisasikan cabang olahraga angkat besi kepada masyarakat sehingga diminati seperti cabang olahraga lainnya.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali dalam wawancara live dalam program “Lunch Talk" Berita Satu TV, dengan tema: Angkat Besi Konsisten Sumbang Medali, Selasa (3/8) siang.

Namun demikian, Menpora Amali mengakui cabang olahraga angkat besi sangat sulit untuk diminati. Tidak seperti cabang olahraga lainnya.

“Olahraga angkat besi ini adalah olahraga individual. Memang kami harus carikan cara, paling tidak masyarakat itu mau dan suka menggeluti cabang olahraga angkat besi. Memang tidak mudah di masyarakat kita terutama bagi yang kaum perempuan,” ungkapnya.

Namun demikian, Menpora Amali optimistis dengan Grand Design Olahraga Nasional pihaknya akan melakukan pembinaan usia dini atlet angkat besi baik melalui sentra olahraga maupun Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) seperti yang ada saat ini di berbagai daerah.

“Mungkin sosialisasi kemasyarakatan akan kami dorong supaya mereka tertarik. Tetapi kalau diusahakan untuk bagaimana euphoria masyarakat sama seperti dengan Bulu tangkis, Sepak bola, Bola basket dan Voli itu masih belum,” katanya.

Menurutnya, sosialisasi dan pembinaan tersebut perlu dilakukan secara bertahap sehingga angkat besi diminta masyarakat.

Bahkan, bukan saja di Indonesia, angkat besi dan olahraga seperti panahan, menembak dan olahraga yang jarang ada kejuaraannya nasionalnya kurang diminati.

“Memang kami akan usahakan tetapi untuk sama persis (dengan sepakbola dan bulu tangkis) tidak, tetapi menarik minat, mengikuti itu butuh dorongan dari semua pihak,” pungkasnya.

Menpora Zainudin Amali mengatakan pihaknya akan berupaya mensosialisasikan cabang olahraga angkat besi kepada masyarakat sehingga diminati seperti cabang olahraga lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News