Menpora: Klub Mapan Tak Perlu Dibantu

Menpora: Klub Mapan Tak Perlu Dibantu
Menpora: Klub Mapan Tak Perlu Dibantu
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Malaranggeng menegaskan, klub sepak bola yang sudah maju tidak perlu dibantu oleh pemerintah daerah dengan menggunakan APBD. "Karena mereka umumnya (sudah) bisa mandiri," ujarnya, usai menghadiri pertemuan di Gedung KPK, Selasa (5/4).

Andi mengatakan, dengan nama yang sudah dimiliki serta jaringan luas, klub tersebut pasti dapat mengurus dirinya sendiri. Tanpa harus bergantung pada dana pemda, mereka diyakini bisa menggandeng pihak ketiga seperti pengusaha dan institusi lainnya, guna menjadi sponsor.

Justru oleh Menpora, pemerintah daerah disarankan untuk lebih memperhatikan olahraga yang belum mapan dan masih perlu pembinaan. Sebab, kata Andi, banyak cabang olahraga lain yang sebenarnya berprestasi, tapi mengalami kendala dalam pembiayaan. "Nah, dengan suntikan dana, diharapkan dapat memacu prestasi mereka," tandasnya.

Menpora mengaku sangat sepakat dengan saran KPK, yang merekomendasikan agar pemerintah menghentikan bantuan olahraga yang disalurkan melalui program bansos. Lebih baik memang, menurut Andi, anggaran disalurkan pada organ resmi pemerintah seperti dinas olahraga dan sejenisnya. Lembaga pemerintah tersebut-lah yang menurutnya selanjutnya melakukan pembinaan kepada wadah olahraga di masyarakat.

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Malaranggeng menegaskan, klub sepak bola yang sudah maju tidak perlu dibantu oleh pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News