Menpora Puas Atas Progres Pembangunan Venue PON 2020 di Timika

Menpora Puas Atas Progres Pembangunan Venue PON 2020 di Timika
Menpora Imam Nahrawi yang mengunjungi langsung beberapa venue PON 2020 di Timika merasa puas dan optimistis. Foto: Kemenpora

jpnn.com, TIMIKA - Kota Timika, Papua akan menyelenggarakan sembilan cabang olahraga saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2020 mendatang. Menpora Imam Nahrawi yang mengunjungi langsung beberapa venue di Timika merasa puas dan optimistis.

Menurut Menpora, selain mempersiapkan infrastruktur venue dan SDM, juga perlu koordinasi pusat, daerah, kabupaten hingga sponsor dan industri.

“Saya melihat di Mimika ini yakin dan optimistis PON 2020 dapat dilaksanakan sesuai jadwal PB PON, pemprov hingga pemkab di Papua terlebih beberapa venue seperti atletik dan basket sudah sangat siap,” ujarnya saat meninjau venue-venue PON di Mimika Sport Complex (MSC), Timika, Papua, Selasa (23/7) petang.

Menurut Menpora, hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah perawatan venue pasca-pelaksanaan PON. Ia mengimbau pemprov terkait dapat memberikan perhatian lebih untuk perawatan venue pasca PON.

BACA JUGA: PON 2020: KONI Riau Tantang Senam Raih 4 Emas

"Pemprov, pemkab juga harus mempersiapkan bagaimana merawat venue-venue pasca-PON dengan baik dengan menyiapkan pihak-pihak ketiga dengan Badan Layanan Umum (BLU) daerah agar follow up lebih fleksibel agar bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat," tambahnya.

Di kota Timika sendiri akan menggelar sembilan cabor yang bakal dipertandingkan yaitu atletik, futsal, basket, golf, biliar, judo, tenis meja, sepak bola putra dan panjat tebing. Menpora juga memberikan perhatiannya kepada beberapa kabupaten lain yang menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX Papua setidaknya hingga bulan Juni 2020.

“Kami juga memberikan perhatian di kabupaten lain dengan mendukung agar ada percepatan karena pembangunan infrastruktur juga menggunakan dana APBD maka harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik selebihnya APBN dari Kementerian PUPR," ujarnya.

Pemprov, pemkab juga harus mempersiapkan bagaimana merawat venue-venue pasca-PON dengan baik dengan menyiapkan pihak-pihak ketiga dengan Badan Layanan Umum (BLU) daerah agar follow up lebih fleksibel agar bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News