Rabu, 18 Oktober 2017 – 20:03 WIB

Menpora Resmikan Kirab Remaja Nasional versi Terkini

Sabtu, 12 Agustus 2017 – 23:45 WIB
Menpora Resmikan Kirab Remaja Nasional versi Terkini - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Program Kirab Pemuda Nusantara 2017 segera dimulai dan akan bergulir pada awal bulan September hingga November mendatang di 72 Kabupaten/Kota di 34 provinsi. Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, saat meresmikan peluncuran salah satu program kepemudaan unggulan Kemenpora ini di Gedong Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“27 tahun yang lalu, sebagian dari bapak ibu yang hadir di sini mungkin pernah mendengar dan mengenal tentang suatu program bernama Kirab Remaja Nasional yang ditujukan bagi kaum remaja dari seluruh nusantara untuk saling mengenal perbedaan wilayah, suku, ras dan agama demi memperkuat rasa kebinekaan di kalangan anak-anak muda. Kini spirit kebangsaan itu kami hadirkan di Kirab Pemuda Nusantara dalam versi yang lebih kekinian,” jelas Menpora

Imam mengatakan di tengah tengah perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang dihadapi dunia dan juga Indonesia, ada satu hal yang tidak pernah berubah dan akan selalu menjadi takdir bagi bangsa Indonesia hingga detik ini, yakni kebinekaan.

“Inilah takdir terbaik yang Tuhan pilihkan bagi kita yang belum berubah sampai detik ini. Satu hal yang tidak kita bisa ingkari bahwa kita hidup di tengah-tengah keberagaman, mulai dari suku, ras dan juga agama, hingga adat istiadat,” ucapnya.

Untuk itulah, menurut Menpora, Indonesia membutuhkan pendidikan tentang kebinekaan yang mengajarkan indahnya keberagaman kepada pemuda sejak dini.

“Dalam konteks ini keberadaan Program Kirab Pemuda Nusantara menjadi penting dan strategis,” katanya seraya menegaskan pemuda Indonesia harus memiliki pemahaman yang baik dalam menerima perbedaan sebagai kekuatan bukan ancaman, dan memiliki tradisi toleran dalam menghadapi perbedaan itu.

Lebih jauh, Menteri termuda Kabinet Jokowi ini, mengatakan Kirab Pemuda Nusantara yang akan melewati 72 Kabupaten/Kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia harus punya misi yang lebih visioner.

“Lebih dari sekadar napak tilas kebinekaan, program ini juga harus menjadi ajang promosi pariwisata lokal, mendorong potensi daerah dan mampu memunculkan ikon-ikon pemuda kreatif yang bisa menginspirasi Indonesia dengan karya-karyanya,” kata Menpora lagi.

SHARES
loading...
loading...
Komentar