JPNN.com

Menpora RI Dorong Perguruan Tinggi Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Muda

Kamis, 23 Juli 2020 – 21:43 WIB
Menpora RI Dorong Perguruan Tinggi Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Muda - JPNN.com
Menpora Zainudin Amali. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda Tahap I Tahun 2020.

Kegiatan ini mengangkat tema "Menumbuhkan Minat Kewirausahaan dan Menguatkan Mindset Wirausaha. Acara dibuka oleh Menpora RI Zainudin Amali secara virtual, Kamis (23/7) pagi dari kediamannya, Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Menurut Zainuddin, Kemenpora RI mempunyai 5 program prioritas untuk tahun 2020 - 2024 yang salah satu adalah tentang kewirausahaan yang tujuannya pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

“Jadi memang 5 program prioritas ini terdesain sejak awal saya memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dan ini  menjadi panduan Kemenpora dalam melaksanakan kegiatan. Alhamdulillah, satu demi satu program prioritas ini bisa kami lakukan secara perlahan tapi pasti,” ucapnya.

Dia melanjutkan, kaitanya dengan hal ini, tentu kami sebagai kementerian yang punya tugas untuk membidangi urusan pembangunan sumberdaya manusia, maka harus melakukan langkah-langkah strategis.

Salah satunya adalah semangat kewirausahaan dan ini harus kita tumbuhan dikalangan anak muda Indonesia agar mereka punya minat menjadi wirausaha.

“Minat kewirausahaan ini harus sudah ditumbuhkan sejak dibangku sekolah. Kenapa, karena kita melihat para pemuda kita semangat untuk berwirausaha masih sangat rendah. Padahal di saat-saat seperti sekarang ini (pandemi Covid-19) justru usaha mandiri itulah yang bisa mempertahankan hidup kita. Oleh kerana itu, untuk menumbuhkan semangat berwirausaha maka salah satu sasaran adalah perguruan tinggi,” jelasnya.

“Sebaiknya mata kuliah kewirausahaan ini sudah diberikan untuk semua jurusan sehingga begitu mereka selesai kuliah, maka semangat mereka untuk wirausaha sudah ada. Berwirausaha adalah pilihan utama dengan bekal ilmu yang didapatkan dari perguruan tinggi. Saya kira semangat ini harus kita jadikan semangat bersama. Dan itulah alasannya kami memilih perguruan tinggi menjadi tempat untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan," tuturnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri