Menristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Perbaiki Akreditasi

Menristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Perbaiki Akreditasi
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir. Foto: dok jpnn

jpnn.com, SURABAYA - Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, kualitas perguruan tinggi dikatakan baik apabila akreditasi dan pemeringkatannya juga baik. Rata-rata perguruan tinggi di Indonesia masih berakreditasi C.

"Pemerintah, perguruan tinggi serta seluruh pemangku kepentingan memiliki peran masing-masing dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia," kata Mohamad Nasir saat memberikan kuliah perdana di Universitas Nadlatul Ulama (Unusa), Surabaya, Senin (4/9).

Pemerintah, lanjutnya, berperan melalui penerapan regulasi yang mendukung iklim sehat bagi peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Untuk meningkatkan jumlah akreditasi institusi, telah dilakukan pendampingan kepada perguruan tinggi terakreditasi B supaya bisa meningkat menjadi akreditasi A.

"Telah terjadi peningkatkan jumlah perguruan tinggi terakreditasi A yang sangat signifikan hasil dari pendampingan," ujarnya.

Tahun 2016 terjadi peningkatan akreditasi B ke A sejumlah 24. Di mana pada 2015 hanya terjadi peningkatan akreditasi B ke A sejumlah lima perguruan tinggi.

Pendampingan terus diakukan agar peguruan tinggi terakreditasi A bisa lebih merata, tidak hanya terkonsentrasi di daerah Jawa.

Nasir menambahkan global competitiveness sangat penting bagi rujukan penguatan daya saing bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News