Mensos Ajak Miss Universe Lihat Penyaluran Bansos

Mensos Ajak Miss Universe Lihat Penyaluran Bansos
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (berkerudung) saat mengajak Miss Universe Iris Mittenaere melihat penyaluran bantuan sosial nontunai untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (31/3). Foto: Biro Humas Kemensos for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa hari ini (31/3) kedatangan Miss Universe Iris Mittenaere, Jumat (31/3). Khofifah pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan mengajak Iris untuk ikut menyalurkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Non Tunai (BPNT) di Agen Ahmad Syafei Efendi, Radio Dalam Raya, Jakarta Selatan.

Khofifah pun mengapresiasi kesediaan Iris sehingga bisa di tengah-tengah penerima program bantuan pemerintah. Sebagaimana siaran pers Kemensos, tokoh Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu menilai iris punya kepedulian pada persoalan kemiskinan.

"Apresiasi saya kepada Miss Universe Iris Mittenaere yang hari ini berada di tengah-tengah para ibu penerima manfaat PKH, kepeduliannya terhadap isu pemberdayaan perempuan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia," ujar Khofifah.

Juru Bicara Jokowi-JK di Pilpres 2014 itu mengatakan, PKH merupakan salah satu program untuk mempercepat pemerataan dan mengurangi kesenjangan sosial ekonomi. Melihat penetapan kriteria penerimanya, katanya, PKH juga memiliki keunggulan karena lebih tepat sasaran.

Keunggulan PKH karena disertai pendampingan dan penyalurannya melalui rekening di bank. Penyaluran secara nontunai itu memangkas potensi penyelewengan.

Selain itu, PKH juga bermanfaat dalam rangka mengejar ketertinggalan Indonesia dalam indeks pembangunan manusia atau Human Development Index(HDI), terutama di bidang pendidikan dan kesehatan. Sebab, dalam PKH terdapat komponen biaya sekolah anak dan kesehatan ibu hamil atau melahirkan.

Berdasarkan studi Bank Dunia, PKH telah berkontribusi dalam menurunkan angka kemiskinan. Karenanya Indonesia dianggap sebagai negara yang sukses meningkatkan HDI.

Saat ini HDI indonesia mencapai 0,693 poin. "PKH meningkatkan harga diri, kepercayaan dan barganing posisiton terhadap laki-laki karena dia pegang rekening atau punya uang. Pada akhirnya ketenangan hidup dan adanya harapan yang lebih baik akan meningkatkan kualitas hidup manusia," tuturnya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa hari ini (31/3) kedatangan Miss Universe Iris Mittenaere, Jumat (31/3). Khofifah pun tak menyia-nyiakan kesempatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News