Mensos Juliari: 6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Mensos Juliari: 6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional
Mensos Juliari P Batubara saat konferensi pers Hari Pahlawan 2020 di Jakarta, Jumat (6/11). Foto: Humas Kemensos RI.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengumumkan ada enam tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional pada Hari Pahlawan 10 November (Harwan) tahun ini.

Peringatan Harwan 2020 berjalan dengan mengoptimalkan penggunaan perangkat komunikasi digital untuk tetap mengakomodasi keterlibatan masyarakat, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Apabila tidak ada perubahan, Presiden akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh. Nama-nama tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan," kata Mensos Juliari saat konferensi pers di Hotel Merlyn Park, Jakarta Pusat, Jumat (6/10).

Keenam tokoh tersebut adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan – Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto, Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, MR. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

Mensos Juliari mengatakan, upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional akan dilakukan di Istana Negara pada 10 November 2020 pukul 10.00 WIB, dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, pada 10 November nanti akan ada dua acara utama lainnya. Pertama, Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata pukul 08.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden RI dan cadangan Irup Wakil Presiden RI.

"Kedua, Upacara Tabur Bunga di Laut di Perairan Teluk Jakarta dengan Inspektur Upacara Ketua DPR-RI dan Cadangan Irup Wakil Ketua DPR RI," ungkap Mensos Juliari.

Peringatan Hari Pahlawan (Hanwan) 2020 dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News