Mensos Risma Minta Bank Himbara Dekatkan Layanan kepada KPM untuk Percepat Bansos

Mensos Risma Minta Bank Himbara Dekatkan Layanan kepada KPM untuk Percepat Bansos
Menteri Sosial (Mensos) Risma. Foto: dok humas Kemensos

jpnn.com, BANJAR BARU - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta Bank Himbara di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mendekatkan layanan kepada penerima manfaat KPM bantuan sosial.

Sebab, kata dia, bank perlu mengambil inisiatif untuk jemput bola ke lokasi terdekat dari domisili penerima manfaat, agar bantuan segera bisa diterima.

"Saya minta Bank Himbara untuk mendekatkan layanan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," kata wanita yang akrab disapa Risma usai memimpin kegiatan pemadanan data di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di Banjarmasin, Rabu (15/09).

"Karena kalau harus datang ke kota bisa habis biaya transport. Kasihan KPM-nya," sambungnya.

Hadir dalam pertemuan itu para pejabat Eselon l, Staf Khusus Menteri, perwakilan Pemerintah Daerah Kalsel, perwakilan Bank Himbara, perwakilan Bareskrim Polri, para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Salah satu masukan yang terungkap dalam pertemuan tersebut adalah proses penyaluran bansos yang menghadapi tantangan geografis.

Di kawasan itu secara umum ditandai dengan adanya dataran rendah yang sebagian besar berupa lahan gambut, rawa dan sungai.

Kondisi tersebut, kata Risma, sedikit banyak memengaruhi kecepatan dalam penyaluran bantuan.

Mensos Risma meminta Bank Himbara di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mendekatkan layanan kepada penerima manfaat KPM bantuan sosial.