Mensos Tri Rismaharini: Salam dari Bapak Presiden untuk Tagana

Hadiri Puncak HUT ke-17 Tagana

Mensos Tri Rismaharini: Salam dari Bapak Presiden untuk Tagana
Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma menghadiri puncak peringatan HUT ke-17 Tagana di Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/3). Bu Risma menyampaikan salam dari Presiden Jokowi untuk Tagana. Foto: Kemensos.

jpnn.com, PANGANDARAN - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi peran dan pengabdian Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang telah membuktikan bahwa kehadirannya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam penanganan bencana.

Bu Risma, panggilan akrab Tri Rismaharini, menyebut Tagana adalah kekuatan berbasis masyarakat yang merupakan bentuk kearifan lokal dan terbukti tangguh serta berdedikasi.

Mantan wali kota Surabaya itu juga  menyinggung peran Tagana dalam menekan jumlah korban jiwa saat gempa bumi dan tsunami melanda Aceh pada 2004 silam. 

“Tagana ini merupakan bentuk atau produk kearifan lokal. Pengabdian dan kontribusi Tagana sangat membanggakan. Di Simeuleu yang harusnya paling parah, korban dilaporkan hanya 4 jiwa. Ini tidak lepas dari kuatnya peran kearifan lokal termasuk di dalamnya Tagana," kata Bu Risma pada Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Tagana, Bakti Sosial dan Jambore Nasional di Plaza Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/3).

Mensos Tri Rismaharini didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnana, dan Sekretaris Dirjen Linjamsos Robben Rico. Hadir pula Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dalam kunjungan ke kawasan bencana,  Bu Risma mengaku banyak menerima laporan tentang peran Tagana.

Dia menyebut misalnya, Tagana dari daerah lain tanpa dipanggil datang dengan inisiatif sendiri membantu rekan-rekan mereka menangani bencana di suatu lokasi.

"Jadi Tagana dari daerah sekitar biasa datang dan ikut membantu. Dirgahayu Tagana,” katanya. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma menyampaikan salam dari Presiden Jokowi untuk Tagana yang memperingati HUT ke-17. Mensos memuji peran dan pengabdian Tagana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News