Mentan Amran Dinobatkan jadi Bapak Jagung Nasional

Mentan Amran Dinobatkan jadi Bapak Jagung Nasional
Panen jagung. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Komisi IV DPR RI mengapresiasi kerja keras Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Pertanian untuk tahun anggaran 2017.

Hasilnya, beberapa komoditas pertanian strategis seperti padi, jagung, dan bawang merah melonjak signifikan, bahkan ekspor.

"Realisasi APBN Tahun 2017, Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp 21.9 Triliun atau 90.44 persen dari Pagu APBN Tahun 2017 sebesar Rp 24226 Triliun," kata Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV bersama Mentan di Gedung DPR RI, Rabu (14/3).

Menurut politisi Gerindra ini, kerja keras Amran bersama seluruh pejabat di lingkup Kementan mampu memaksimalkan anggaran pertanian untuk meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan petani, khususnya ketersediaan 10 komoditas pangan strategis di 2017.

"Selanjutnya, Komisi IV DPR RI meminta Kementan untuk meningkatkan realisasi APBN pada Tahun 2018 khususnya untuk program kegiatan perlindungan dan pemberdayaan petani yang targetnya belum terpenuhi pada Tahun Anggaran 2017," kata Politisi Gerindra ini.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi IV Roem Kono juga mengaku takjub dengan kinerja Kementan dalam mendongkrak produksi komoditas pangan strategis, bahkan bisa ekspor ke beberapa negara tetangga.

Dia tak ragu menyebut Menteri Amran sebagai Bapak Jagung Nasional karena keberhasilannya membalikkan keadaan, dimana komoditas jagung yang selama ini impor, sekarang sudah ekspor.

"Karena begitu banyak jagung yang diekspor, saya nobatkan beliau Bapak Jagung Indonesia," sebutnya.

Komisi IV DPR RI mengapresiasi kerja keras Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News