Mentan Amran Lepas Ekspor Tiga Komoditas Hortikultura

Mentan Amran Lepas Ekspor Tiga Komoditas Hortikultura
Mentan Andi Amran Sulaiman bersama Gubernur Jatim Soekarwo melepas ekspor pangan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur di Surabaya, Senin (8/10). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor tiga komoditas holtikultura dari Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/10). Komoditas yang diekspor adalah seratus ton mangga ke Singapura dan Malaysia.

Kemudian, 800 ton benih kangkung ke Tiongkok, Malaysia dan Vietnam. Lalu, 800 ton bawang merah ke Filipina.

Amran mengatakan, potensi pertanian Indonesia sangat besar untuk menyediakan pangan secara berdaulat yakni tanpa impor, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia. Pada 2017, ekspor pertanian mencapai Rp 442 triliun, naik 24 persen dibanding 2016, sehingga berdampak pada surplusnya neraca perdagangan pertanian 2017 sebesar Rp 214 triliun.

“Hari ini, kami buktikan lagi ekspor. Ada mangga dan benih sayuran juga bawang merah. Inilah tujuan yang kami bangun, online single submission," kata Amran.

Regulasi mempermudah pengurusan ekspor juga dipermudah atas perintah Presiden Joko Widodo. Amran mengklaim, dulunya izin ekspor bisa mencapai dua tahun, saat ini bisa diselesaikan dalam satu jam.

Dari data BPS, nilai ekspor komoditas hortikultura segar Januari sampai Juli 2018 mencapai Rp 1,22 triliun atau naik sebesar 50,5 persen dibanding periode tahun sebelumnya yakni hanya Rp 760 miliar. Estimasi ekspor mangga 2018 sebesar 835 ton, naik enam persen dari 2017 yang hanya 790 ton.

Sementara ekspor bawang merah di 2018, ditargetkan 15 ribu ton, yakni naik 128 persen dibandingkan 2017 yang hanya 6.588 ton.

“Ekspor mangga dari Januari sampai Juli 2018 sangat tinggi, nilainya mencapai Rp 1,85 miliar, sementara impornya hanya Rp 70,56 juta. Ini menunjukkan upaya pemerintah mendorong petani dan pelaku usaha membuahkan hasil positif, yakni ekspor terus naik” tutur Amran.

Mentan Amran Sulaiman melepas ekspor seratus ton mangga ke Singapura dan Malaysia, serta kangkung dan bawang merah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News