Mentan Dorong Bangka Belitung Jadi Daerah Penghasil Lada

Mentan Dorong Bangka Belitung Jadi Daerah Penghasil Lada
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ditemui di ruangannya di Kompleks Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (27/3). Foto: Fathan Sinaga/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

Dalam pertemuan itu, Amran menerima laporan bahwa Bangka Belitung tengah fokus menggarap daerahnya menghasilkan lada.

Amran menyampaikan, akan membantu Erzaldi dalam mewujudkan visinya itu. Terlebih, Erzaldi sudah mengembangkan lahan lada seluas 45 ribu hektare di Bangka Belitung.

"Pak Gubernur menyampaikan mau kembangkan lada, sudah jadi 45 ribu hektare. Kami akan bantu lagi dengan melakukan tanam baru karena ada permintaan baru," kata Amran.

Berdasarkan pengakuan Erzaldi, lanjut Amran, India sangat menyukai rasa dan tekstur lada dari Bangka Belitung. India tertarik untuk mengimpor lada tersebut paling lambat Mei 2018 mendatang.

"Yang menarik, tidak ada duanya di dunia, lada Bangka Belitung ini kadar pedasnya 6,1. Yang umum itu cuma tiga. Ini dua kali lipat kadarnya. Ini disenangi dunia," jelas Amran.

Sebelumnya, kata Amran, Bangka Belitung sudah mengekspor lada ke India. Namun, ekspor tersebut dilakukan ke Vietnam sebelum akhirnya diekspor kembali ke India.

"Ini kami ingin langsung supaya nilai tambahnya ada di petani," kata Amran.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News