Rabu, 17 Oktober 2018 – 14:10 WIB

Mentan Sampaikan Capaian Sektor Pangan dalam Forum ASEAN

Kamis, 11 Oktober 2018 – 19:35 WIB
Mentan Sampaikan Capaian Sektor Pangan dalam Forum ASEAN - JPNN.COM

jpnn.com - Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman menghadiri pertemuan Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan ASEAN (AMAF) ke-40 di Hanoi, Vietnam, pada Kamis (11/10).

Acara dibuka Wakil Perdana Menteri Vietnam dan dihadiri Menteri Pertanian dari Malaysia, Laos, Kambodia, Brunei, Vietnam, Thailand, dan Singapura.

Dalam pidatonya, Mentan Amran Sulaiman menyampaikan bahwa Indonesia telah mengambil banyak langkah ke depan dan membuat kemajuan yang signifikan, untuk keamanan pangan di kawasan ASEAN.

“Pada tahun 2015, kami meluncurkan program “Upaya Khusus”. Program berskala nasional berdasarkan pendekatan modern, inovatif dan holistik. Mencakup perubahan kebijakan yang ada, pengembangan infrastruktur pertanian dan industri hilir, mengelola rantai pasokan, dan mengembangkan rencana pemberdayaan untuk petani dan masyarakat pedesaan,” ujar Amran di hadapan para Menteri dan delegasi.

Amran melanjutkan, dengan program ini Indonesia berhasil mencapai swasembada berkelanjutan di sejumlah komoditas makanan pokok seperti beras, bawang merah, cabai dan jagung. Selanjutnya, ekspor pertanian Indonesia meningkat 24 persen dan diperluas ke wilayah komoditas baru.

Dan yang paling penting, program “Upaya Khusus” secara signifikan mendukung peningkatan kesejahteraan pedesaan. Jumlah penduduk berpenghasilan rendah di daerah pedesaan telah menurun rata-rata 600.000 setiap tahun.

“Pada Maret tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia mencapai peringkat kemiskinan satu digit. Kemiskinan sekarang berada pada tingkat terendah sejak kemerdekaan kita,” lanjutnya bangga.

Pengembangan pusat-pusat produksi yang berkelanjutan, khususnya organik, di daerah perbatasan memungkinkan Indonesia untuk mengembangkan pertanian di masyarakat pedesaan yang paling membutuhkan dan menyediakan akses yang mudah ke negara-negara tetangga ASEAN dalam hal ekspor.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar