Mentan Syahrul Lepas Ekspor 96 Ton Bawang Merah ke Thailand, Nilai Transaksinya Rp 3,4 M

Mentan Syahrul Lepas Ekspor 96 Ton Bawang Merah ke Thailand, Nilai Transaksinya Rp 3,4 M
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor bawang merah sebanyak 96 ton menuju negara Thailand dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,4 miliar pada Rabu (9/8). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, BREBES - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor bawang merah sebanyak 96 ton menuju negara Thailand dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,4 miliar.

Untuk diketahui, nilai kontrak ekspor ini secara keseluruhan mencapai 75 kontainer atau setara Rp 73,5 miliar.

Mentan Syahrul mengaku bersyukur, karena di saat semua negara menghadapi cuaca ekstrem, Indonesia justru mampu menunjukkan taji dengan memproduksi berbagai komoditi, termasuk bawang merah untuk pemenuhan dalam negeri dan ekspor.

Dia mengatakan selama ini bawang merah adalah komoditas andalan Indonesia.

"Saya selalu katakan bahwa bawang merah itu adalah kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia. Namun harus diingat juga bahwa saat ini kita sedang menghadapi El Nino yang bisa mengganggu jalanya produksi," ujar Mentan Syahrul di salah satu perusahaan swasta pengekspor bawang merah Brebes, Rabu (9/8).

Untuk mengantisipasi tantangan tersebut, Mentan Syahrul mengajak seluruh pimpinan daerah baik, bupati maupun gubernur segera turun tangan membantu petani yang berproduksi.

Dia ingin pertanian tetap maju dan menjadi lini utama dalam memperkokoh ekonomi bangsa.

"Ancaman El Nino ada di mana-mana, tetapi kita harus turun tangan melakukan penanaman berbagai komoditi pertanian. Kita tahu ancamannya panas ini akan membuat air kurang dan produktivitas terganggu, tetapi inisiatif para gubernur bupati yang berjuang mendampingi petani bisa membuat kita mampu melewati semua tantangan yang ada," tegas mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu.

Mentan Syahrul Yasin Limpor melepas ekspor 96 ton bawang merah dengan nilai transaksi Rp 3,4 miliar ke Thailand

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News