Mentan SYL Beberkan Kunci Daya Saing Pertanian: Erat Kaitannya dengan SDM

Mentan SYL Beberkan Kunci Daya Saing Pertanian: Erat Kaitannya dengan SDM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan peningkatan produktivitas dan daya saing erat kaitannya dengan SDM. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan itu diwujudkan melalui peningkatan kompetensi masyarakat pertanian, milenial, penyuluh dan pekerja sektor pertanian.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui diklat tematik untuk mensukseskan program budi daya sesuai kebutuhan masyarakat bersinergi dengan program utama Kementan.

Hal itu terungkap dalam "Rakor Pra-Ratas Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS) Multisektor di Masa Pandemi Covid-19", Kamis (22/7).

Dalam kesempatan itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan peningkatan produktivitas dan daya saing adalah hal pertama dan utama yang mesti diupayakan.

Kementan, kata SYL, melalui beberapa direktoratnya melahirkan program-program yang diarahkan pada peningkatan produktivitas dan peningkatan daya saing. 

"Untuk peningkatan produktivitas, beberapa program seperti akses KUR (Kredit Usaha Rakyat), alat mesin pertanian (alsintan) dan faktor pendukung lainnya terus diprogramkan," kata Mentan SYL. Sedangkan untuk meningkatkan daya saing, kapasitas insan pertanian terus digembleng melalui pelatihan-pelatihan, baik kekhususan maupun tempatik. 

"Peningkatan daya saing ini erat kaitannya dengan SDM. Jika SDM pertanian kita andal, saya yakin dan optimistis daya saing kita juga akan terangkat. Tentu kita bisa bekerja dengan memanfaatkan teknologi, inovasi, jejaring dan kerja sama yang kuat," ujar Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan salah satu upaya yang dilakukan lembaganya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menggenjot daya saing adalah melalui pelatihan sejuta petani dan penyuluh di seluruh Indonesia. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan peningkatan produktivitas dan daya saing erat kaitannya dengan SDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News