Mentan SYL Pastikan Benih Unggul Jadikan Pertanian Makin Kuat

Mentan SYL Pastikan Benih Unggul Jadikan Pertanian Makin Kuat
Mentan SYL memastikan perkembangan varietas-varitas tanaman unggul terus dilakukan dari waktu ke waktu. Foto: Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan perkembangan varietas-varitas tanaman unggul terus dilakukan dari waktu ke waktu.

Hasilnya, kata Mentan SYL, Indonesia mampu menjadi salah satu negara pertanian kuat di dunia yang memiliki ketahanan pangan berkualitas dan berkelanjutan.

Menurut SYL, faktor pendorong dari keberhasilan ini adalah hadirnya teknologi dan sistem pertanian mumpuni, serta kemampuan SDM pertanian unggul di seluruh Indonesia.

"Teknologi yang berkembang saat ini telah membuat Indonesia memiliki varietas unggul dan mampu beradaptasi dengan tantangan yang ada. Saya mendapatkan banyak masukan dari apa yang saya lihat hari ini sebagai salah satu tantangan besar, terutama dalam menghadapi kekeringan," ungkap Mentan SYL saat menghadiri Gebyar Perbenihan Nasional VIII 2023 di Kulon Progo, Rabu (31/5).

Dia menambahkan varietas-varietas tanaman pangan sudah menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Misalnya, padi bisa rata-rata di atas 10 ton bahkan ada yang 14 ton per ha.

Mentan mengaku bangga dengan perkembangan perbenihan saat ini. Beberapa varietas mampu bertahan di musim ekstrem. Termasuk dalam cuaca ekstrem el nino atau musim kemarau panjang yang terjadi sekarang.

"Saya kira ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan hadirnya varietas tahan perubahan iklim. Termasuk iklim kering yang terjadi saat ini yang diperkirakan berlangsung hingga bulan Agustus mendatang," katanya.

Bagi SYL, Kulon Progo adalah kabupaten subur yang memiliki hamparan sawah terluas di Indonesia.

Mentan SYL memastikan perkembangan varietas-varitas tanaman unggul terus dilakukan dari waktu ke waktu. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News