Mentan SYL Tegaskan Siap Laksanakan Arahan Presiden: Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Mentan SYL Tegaskan Siap Laksanakan Arahan Presiden: Tingkatkan Produksi Pangan Nasional
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi lahan Food Estate di Sumba Tengah, NTT, Jumat (8/1). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan bahwa jajarannya siap menjalankan semua tugas dan arahan Presiden Joko Widodo dalam membangun pertanian maju, mandiri, dan modern.

"Kami siap di lapangan bapak, tentu dengan arahan dan petunjuk bapak," kata Mentan Syahrul ketika Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Pembangunan Pertanian 2021 bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (11/1).

Lanjut Mentan SYL menuturkan, Kementan telah menetapkan arah kebijakan pertanian maju, mandiri dan modern sebagai pedoman untuk bertindak cerdas, tepat dan cepat sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Karena itu, produksi kami tingkatkan terus. Kemudian daerah defisit akan kami masuki. Setiap provinsi harus ada lumbung pangan lokal, lumbung desa, dan lumbung nasional," terang dia.

Selain itu, Kementan juga menerapkan mekanisasi dari hulu sampai hilir. Kementan bahkan telah memanfaatkan teknologi terbaru untuk memperkuat ketahanan pangan di 2021. 

"Kami sudah masuk pada green house, lalu memonitoring food estate dan mengerjakan perluasan areal tanam hingga program 1000 kampung buah. Di samping itu kami menargetkan 2,5 juta petani muda, juga sesuai arahan dan petunjuk bapak presiden. Kami siap bekerja di lapangan," urai Mentan SYL.

Diketahui, dalam rakornas ini Presiden Jokowi mendorong Kementan untuk meningkatkan produksi pangan nasional. 

Jokowi berharap upaya tersebut mampu mengurangi beban impor serta menjawab harapan banyak masyarakat terhadap kebutuhan pangan nasional.

Mentan Syahrul Yasin Limpo memastikan pihaknya siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat produksi pangan nasional pada 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News