Menteri Anas Blak-blakan Ungkap Masalah Utama ASN, Ternyata

Menteri Anas Blak-blakan Ungkap Masalah Utama ASN, Ternyata
ASN terdiri dari PNS dan PPPK. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengungkap salah satu masalah utama yang dihadapi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Azwar Anas mengatakan salah satu masalah utama para ASN ialah kesulitan adaptasi, terutama para ASN senior.

"Ada beberapa di sektor paling rendah, adaptif. Ternyata ASN kita ada masalah, termasuk kita semua. Terutama para pimpinan apalagi yang sudah eselon 2 dan 1, ini susah adaptif," kata Azwar Anas dalam sambutannya di acara Appreciation Day ASN Culture Festival 2023 di Jakarta Selatan, pada Kamis (14/12).

Menteri Anas menjelaskan, berdasarkan data indeks implementasi BerAKHLAK Nasional 2022, adaptif menjadi indeks BerAKHLAK dengan persentase terendah dengan masuk kategori C atau tidak sehat dengan nilai 38,9 persen.

Meski tidak semua, para ASN senior ini dinilai Azwar Anas masih “terjebak’ dengan masa lalu dan hal itu kerap mempengaruhi pengambilan keputusan dalam kementerian.

"Maunya pikiran dia. Masa lalu dia mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Padahal hal-hal baru ini mesti disesuaikan," ujarnya.

Oleh karena itulah indeks adaptif cukup rendah karena implementasinya rendah.

Mas Anas mengatakan, kondisi yang tidak sehat ini perlu terus dibenahi, apalagi sektor tersebut sangat penting dalam mendorong transformasi.

MenPAN-RB Azwar Anas mengungkap salah satu masalah utama yang dihadapi para Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News