Menteri Baru Resmi PM Scott Morrison Dilantik

Menteri Baru Resmi PM Scott Morrison Dilantik
Menteri Baru Resmi PM Scott Morrison Dilantik

Wajah baru di jajaran kabinet Perdana Menteri Australia Scott Morrison resmi dilantik seiring dimulainya termin kedua pemerintahan Koalisi pasca kemenangan yang mengejutkan pada pemilu federal pertengahan Mei lalu.

Menteri baru Pemerintahan Koalisi dilantik:

  • Wajah baru dalam kabinet PM Scott Morrison mulai bekerja setelah menang dalam pemilu federal
  • Ken Wyatt menjadi orang Aborijin pertama yang menjadi Menteri di kabinet
  • Tujuh Menteri perempuan mencetak rekor baru untuk perwakilan perempuan di Kabinet

ABC memprediksi pemerintahan Koalisi akan menguasai 77 kursi di Majelis Rendah, melampaui penguasaan kursi yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

Jajaran kabinet baru Perdana Menteri Scott Morrison mendatangi kediaman Gubernur Jenderal Australia pada Rabu (29/5/2019), dimana Gubernur Jenderal Australia Sir Peter Cosgrove melantik frontbench baru untuk mulai bekerja.

Tepuk tangan riuh terdengar saat anggota parlemen Australia Barat Ken Wyatt dilantik, karena ia menjadi orang Aborijin pertama yang duduk di Kabinet.

Pria dari suku Yamatji-Wongi-Noongar ini juga merupakan orang Aborijin pertama yang memegang portofolio Urusan Masyarakat Pribumi dalam Pemerintahan.

Menteri Baru Resmi PM Scott Morrison Dilantik Photo: Ken Wyatt menjadi warga Aborijin pertama yang menjadi menteri dan menjabat Menteri Urusan Pribumi di pemerintahan Scott Morrison yang baru. (ABC News: Andy Kennedy)

Hal lain yang menjadi sorotan adalah ikut dilantiknya tujuh wanita dalam jajaran kabinet pemerintahan koalisi yang baru. Ini merupakan rekor terbanyak perempuan dalam sejarah pemerintah Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News