Menteri Bintang Pastikan Ada Tempat Khusus Ibu Menyusui di Pengungsian Banjir

Menteri Bintang Pastikan Ada Tempat Khusus Ibu Menyusui di Pengungsian Banjir
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga menyatakan kementeriannya terus berupaya memenuhi kebutuhan kaum perempuan dan anak korban banjir di pengungsian.

Salah satunya dengan mendirikan Posko Ramah Perempuan dan Anak di tempat pengungsian.

Baru-baru ini Menteri Bintang meresmikan posko itu di pengungsian korban banjir di Kabupaten Lebak, Banten.

"Berkaitan dengan banjir kami KPPPA memastikan di tempat pengungsian pascabencana pemenuhan hak perempuan dan perlindungan anak dan perempuan harus ada," tutur Menteri Bintang dalam acara media gathering di kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (14/1).

Dalam hal ini, Menteri Bintang meminta pihak yang terkait penanganan korban banjir untuk memberi tempat khusus bagi para ibu hamil dan menyusui di pengungsian.

Dia juga berharap ada pemenuhan makanan khusus anak-anak terutama balita yang harus terpenuhi kebutuhan gizinya.

Selain memberikan bantuan khusus kebutuhan korban banjir, Kementerian PPPA juga memberikan pelatihan keterampilan bagi kaum perempuan untuk mengisi waktu luang selama di pengungsian.

Dengan begitu, kaum perempuan korban banjir bisa kembali memulai memperbaiki perekonomian keluarga melalui kewirausahaan mandiri hasil dari pelatihan.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga meresmikan Posko Ramah Perempuan dan Anak di tempat pengungsian korban banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News