Menteri BUMN Siapkan Roadmap Ekonomi Hijau

Menteri BUMN Siapkan Roadmap Ekonomi Hijau
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir telah menyiapkan roadmap ekonomi hijau dalam merevolusi penggunaan energi di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang berkomitmen menggunakan energi baru terbarukan, sebagai pengganti bahan bakar fosil, khususnya batu bara.

"Sesuai arahan Presiden yang telah menekankan komitmen bersama jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk menggantikan batu bara dengan energi baru terbarukan, kami juga telah menyiapkan road map pengembangan ekonomi hijau dan transisi energi, serta renewable energy, sehingga kita segera memiliki energi baru terbarukan," ujar Erick.

Sejauh ini, Erick telah mendorong 43 BUMN dan anak usahanya memiliki peta jalan masing-masing untuk mendukung ekonomi hijau.

Tak terkecuali PLN, Pertamina dan Perusahaaan Tambang Batu Bara Bukit Asam (PTBA).

PLN bahkan paling getol dalam melakukan revolusi energi. PLN menargetkan membangun pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) berkapasitas 1,19 gigawatt (GW) pada 2022.

Proyek-proyek pembangkit tersebut di antaranya adalah pembangkit listrik air dan minihidro (PLTM), yang ditargetkan mencapai 490 MW dan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) 195 MW.

Pada 2021, PLN berhasil meningkatkan 13 PLTM dengan kapasitas total 71,9 MW.

Menteri BUMN Erick Thohir telah menyiapkan roadmap ekonomi hijau dalam merevolusi penggunaan energi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News