Menteri Johnny Sebut Keniscayaan Transformasi Digital Ubah Banyak Hal

Menteri Johnny Sebut Keniscayaan Transformasi Digital Ubah Banyak Hal
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai efisiensi sangat penting, untuk memastikan penyelenggaraan jaringan internet broadband berjalan dengan baik.

"Saya bilang efisien, karena komponen biaya akan menjadi penting dan signifikan di dalam transformasi digital dan ekonomi digital nasional yang sedang bertumbuh."

"Dengan makin efisien jaringan broadband, maka akan makin efisien tata kelola komunikasi dan digital di Indonesia,” ujar Johnny pada Musyawarah Nasional Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL), di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, (3/11).

Menteri Johnny juga menyebut Kemenkominfo meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menghasilkan kebijakan yang ramah guna mendukung pemerataan pembangunan infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK) serta peningkatan perekonomian masyarakat.

“Saya berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah ramah terhadap penggelaran fiber optik atau penggelaran teknologi informasi dan komunikasi."

"Karena itu akan menjadi backbone dan investasi jangka panjang yang akan memberi dampak turunan secara luas bagi perekonomian dan aktivitas masyarakat secara keseluruhan,” ucapnya.

Menkominfo menyatakan kabel serat optik sebagai komponen utama jaringan broadband memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas layanan jaringan internet kepada masyarakat.

Meski demikian, berdasarkan data dari World Bank 2021, layanan fixed broadband melalui fiber-to-the-home di Indonesia saat ini baru menyentuh 4 persen dari total populasi. 

Menteri Johnny sebut sebuah keniscayaan transformasi digital mengubah banyak hal di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News