Menteri Juliari Ajak Jajaran Kemensos Genjot Sinergi demi Tugas Mulia di Masa Pandemi

Menteri Juliari Ajak Jajaran Kemensos Genjot Sinergi demi Tugas Mulia di Masa Pandemi
Mensos Juliari Batubara mengikuti rapat kerja di Komisi VIII DPR. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengingatkan jajarannya terus memperkuat sinergi guna menghadapi tantangan besar di masa pandemi.

Saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan salah satu leading sector dalam penanganan pandemi Covid-19. Tugas Kemensos ialah menyediakan jaring pengaman sosial (JPS) sebagai bentuk kehadiran negara terhadap masyarakat miskin dan kelompok rentan yang terimbas pandemi.

Menurut Mensos Juliari, tugas tersebut memang tak mudah. Namun, katanya, tugas itu merupakan ladang mulia untuk membantu masyarakat.

“Kami tidak menyangka di tahun 2020 ini ada bencana dahsyat di mana peran Kemensos sangat fundamental dalam hal perlindungan sosial terhadap masyarakat,” kata Juliari di acara Virtual Town Hall Meeting yang digelar secara daring, Jumat (9/10).

Sebagai catatan, pada 25 Oktober mendatang Juliari tepat setahun sebagai orang nomor satu di Kemensos. Dengan anggaran sebesar Rp 134,008 triliun, Kemensos berhasil menduduki peringkat satu sebagai kementerian dengan penyerapan anggaran terbaik.

Anggaran Kemensos terus meningkat sejalan dengan tugas menyediakan JPS. Dari pagu indikatif sebesar Rp 62,7 triliun, anggaran Kemensos meningkat menjadi Rp 104,4 triliun, kemudian direvisi lagi hingga menyentuh Rp 124 triliun, dan akhirnya dipatok sebesar Rp 134,008 triliun atau terbesar dari seluruh kementerian/lembaga (K/L).

Kemensos tidak hanya menjadi yang paling moncer dalam penyerapan anggaran. Sebab, hal itu juga dibarengi tata kelola anggaran yang baik sehingga laporan keuangan Kemensos memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut dari BPK.

Oleh karena itu Mensos Juliari mengapresiasi seluruh jajaran Kemensos yang telah bekerja keras dalam mempercepat penyerapan anggaran sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

Mensos Juliari mengapresiasi seluruh jajaran Kemensos yang telah bekerja keras dalam mempercepat penyerapan anggaran pada masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News