Menteri LHK: Indonesia Jadi Tuan Rumah COP 4 Konvensi Minamata 2021

Menteri LHK: Indonesia Jadi Tuan Rumah COP 4 Konvensi Minamata 2021
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengikuti Sidang Pleno kedua Conference of the Parties (COP) Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, Senin (25/11/2019) malam. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JENEWA - Sidang pleno kedua Conference of the Parties (COP) Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, Senin (25/11/2019) malam waktu setempat, Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah untuk COP 4 Konvensi Minamata tahun 2021.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar yang memimpin delegasi Indonesia mengatakan bagi Indonesia penting menjadi tuan rumah di mana kompleksitas persoalan merkuri cukup tinggi.

Banyak negara peserta COP 4 Konvensi Minamata ini punya atensi khusus terutama sejak 2015 saat Presiden ke Maluku. Kasus merkuri bersumber dari penambangan emas skala kecil dan kebanyakan ilegal.

“Kita ketahui banyak masalahnya dan banyak juga korbannya dan untuk itulah Presiden pada saat rapat kabinet terbatas tahun 2017 menegaskan untuk diatasi dan dicegah dampak merkuri dan merebaknya penyakit Minamata,” kata Menteri Siti.

Selain itu, kata Menteri LHK, perhatian masyarakat juga cukup tinggi. Secara keseluruhan ini sangat penting dalam rangka tekad pemerintahan Presiden Jokowi untuk melakukan pemulihan lingkungan.

“Indonesia akan memetik manfaat dari berbagai event internasional yang dilangsungkan di Indonesia,” tandas Siti Nurbaya.

Paparkan Langkah Nyata Indonesia

Sebelumnya, saat sesi pembukaan COP Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, Senin (25/11), Menteri Siti Nurbaya menjelaskan Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai langkah nyata dalam upayanya menghapus penggunaan merkuri. Ditargetkan pada tahun 2025 mendatang, tidak ada lagi penggunaan merkuri di sektor-sektor tertentu.

Sidang pleno kedua Conference of the Parties (COP) Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, Senin (25/11/2019) malam, menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah untuk COP 4 Konvensi Minamata tahun 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News