Menteri PPN Suharso Ingatkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Menteri PPN Suharso Ingatkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa/ Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengajak semua pihak untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

Termasuk melanjutkan capaian agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Menurut Menteri Suharso, SDGs merupakan acuan bagi semua tanpa terkecuali untuk melakukan strategi pemulihan yang lebih baik dengan paradigma pembangunan baru, yang mengintegrasikan dan menyeimbangkan dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan secara bersamaan.

Ini dia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam webinar bertema Build Forward Better: Bangkit Bersama Dari Covid-19 Untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada Kamis, 22 Oktober 2020 kemarin.

“Pemerintah Indonesia saat ini terus melakukan upaya keras untuk menghadapi situasi yang berat dan terus melakukan berbagai upaya untuk bangkit. Sebagaimana diketahui bersama, dampak Covid-19 sangatlah besar dan tidak ada satu negarapun di dunia yang siap menghadapi pandemi yang sedemikian dahsyat dan begitu cepat penularannya,” ujar dia.

Mengutip data dari IMF, Menteri Suharso menyebutkan bahwa, pada World Economic Outlook Oktober 2020, pandemi Covid-19 telah mengganggu aktivitas ekonomi dunia di tahun 2020. Perdagangan dunia diperkirakan turun 10 persen.

Ini sama seperti kondisi perdagangan pada saat global finansial krisis tahun 2009, sehingga diperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2020 akan turun menjadi minus 4,4 persen.

Kemudian berdampak pada naiknya tingkat pengangguran dunia yang diperkirakan sebesar 7,09 persen, atau 80 juta orang akan berada dalam kemiskinan ekstrim (pendapatan dibawah USD 1,9 per perhari).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengajak semua pihak untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News