Menteri Puan Hadiri Penutupan Sidang KTT ke-33 ASEAN

Menteri Puan Hadiri Penutupan Sidang KTT ke-33 ASEAN
Menko PMK Puan Maharani yang mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri acara penutupan rangkaian Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ke-33 ASEAN. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, SINGAPORE - Menko PMK Puan Maharani yang mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri acara penutupan rangkaian Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ke-33 ASEAN yang berlangsung di Suntec City Convention Centre, Singapura, 13-15 November 2018.

Sebelum acara penutupan, para pemimpin negara ASEAN melanjutkan pertemuan dengan para pemimpin dari India dan Amerika Serikat.

Para pemimpin juga telah melangsungkan dua KTT berupa ASEAN Plus Three Summit (ASEAN-Tiongkok-Republik Korea-Jepang) dan East Asia Summit (ASEAN dengan Tiongkok-Republik Korea-Jepang-India-Australia-Selandia Baru).

Pada hari terakhir ini diadakan dua pertemuan bilateral secara terpisah antara presiden RI dengan PM  India dan PM Jepang. 

"Rangkaian pertemuan ASEAN dengan para mitra dialog, baik yang dilakukan secara individual dan juga secara kolektif di Asia Timur (ASEAN Plus Three) dan Asia Timur, Asia Selatan dan Australia/Selandia Baru (East Asia), dimaksudkan untuk mengkukuhkan sentralitas ASEAN di forum internasional dan diarahkan untuk menggalang kerja sama yang komprehensif dan mencakup aspek politik, ekonomi dan sosial budaya,” kata Puan. 

Dia menambahkan, langkah kreatif untuk turut mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea sempat dibahas dalam KTT ke-33 ASEAN.

"Pada acara penutupan ini dilakukan serah terima ketua ASEAN dari Singapura kepada Thailand. Tema yang akan diusung Thailand selaku tuan rumah ASEAN pada tahun 2019 adalah Advancing Partnership for Sustainability,” ujar Puan. (adv/jpnn)


Menko PMK Puan Maharani yang mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri acara penutupan rangkaian Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ke-33 ASEAN


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News