Menteri Saleh Yakin Merek Daerah Kerek Pemasaran Produk

Menteri Saleh Yakin Merek Daerah Kerek Pemasaran Produk
Menteri Perindustrian, Saleh Husin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pendekatan merek dengan menyematkan nama provinsi diyakini mampu mengerek pemasaran produk.

"Salah satu perilaku konsumen, baik di Indonesia maupun global, adalah suka mengasosiasikan produk dengan daerah asal. Ini bagian dari strategi merek yang dapat dimainkan industri kecil menengah (IKM)," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, Sabtu (21/11).

Konsumen lokal, imbuhnya, merasa bangga dengan produk yang mengangkat nama provinsi/kab/kota. Begitu juga dengan pembeli dari lain provinsi karena menunjukkan pengalaman bepergian hingga luar kota.

Penyematan nama daerah itu kini dikenal dengan pendekatan indikator geografis. Menteri Saleh menyontohkan Banten yang memiliki beragam produk lokal berpotensi untuk dikembangkan seperti makanan olahan, tenun, dan kerajinan. 

"Lokasi Banten yang bertetangga dengan Jakarta dan Jawa Barat juga memanjakan para wisatawan urban yang butuh bepergian di akhir pekan. Industri kreatif daerah ini dapat mendulang keuntungan, untuk itu kemasan dan promosinya perlu dipercantik," ujar Saleh.

Menurutnya, salah satu magnet wisata Banten lantaran memiliki koleksi pantai yang menghadap ke tiga perairan yaitu Laut Jawa, Selat Sunda dan Samudera Indonesia. Provinsi ini juga pintu gerbang lalu lintas barang dan penumpang antara Jawa dan Sumatera. (esy/jpnn)


JAKARTA - Pendekatan merek dengan menyematkan nama provinsi diyakini mampu mengerek pemasaran produk. "Salah satu perilaku konsumen, baik di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News