Menteri Teten: Dapur Bersama GoFood Membantu UMKM

Menteri Teten: Dapur Bersama GoFood Membantu UMKM
Menkop UKM Teten Masduki. Foto: Humas Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong UMKM kuliner ikut dalam layanan Dapur Bersama GoFood. Selain supaya lebih berdaya saing, layanan tersebut sejalan dengan visi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, konsep Dapur Bersama GoFood sejalan dengan konsep Rumah Produksi Bersama yang dikerjakan pemerintah.

”UMKM kalau perorangan kan tidak mungkin bisa punya tempat yang bagus, yang mudah diakses, produksinya higienis, peralatannya modern, efisien, kualitas produk bisa ditingkatkan. Jadi (Dapur Bersama) ini sudah tepat,” ungkapnya saat blusukan ke salah satu Dapur Bersama GoFood di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Menurut Teten, tidak hanya menyeiakan tempat dan peralatan modern tetapi juga pendampingan bagaimana menyediakan kualitas yang enak, sesuai dengan permintaan pelanggan.

”Apalagi ke depannya ketika pandemi COVID-19 ini tuntutan pelanggan mengenai kesehatan produk, bagaimana proses secara higienis, menjadi tuntutan. Sehingga rumah produksi di Dapur Bersama itu tepat menjawab tuntutan pasar, tuntutan konsumen, yang menghendaki produk makanan minuman terutama yang lebih sehat, diproduksi secara higienis,” ulasnya

Teten juga mengaku lega mengetahui rumor negatif tentang Dapur Bersama ternyata salah. ”Saya tadi juga cek betul atau nggak sih isu selama ini GoFood dengan Rebel Food-nya itu mau mengambil alih bisnis UMKM mitra GoFood. Ternyata nggak benar,” katanya.

Ia juga sempat berbincang dengan beberapa mitra UMKM mengenai rumor tersebut. ”Jadi tidak betul bahwa GoFood mengambil alih bisnis dari mitra GoFood para UMKM. Dapur Bersama ini bukan mau mengambil alih bisnis, tetapi justru memberikan kemudahan bagi mitra untuk memproduksi di dapur yang lebih higienis sehingga lebih efisien,” jelasnya.

Dia juga melihat di Dapur Bersama GoFood, UMKM dibantu dengan masalah supply chain melalui GoFresh -layanan marketplace bahan baku yang menghubungkan mereka dengan UMKM penyedia bahan baku.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan bahwa Dapur Bersama GoFood membantu keberlangsungan UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News