Menteri Tjahjo: Pegawai Negeri Harus Sering ke Lapangan, Jangan hanya Duduk di Kantor

Menteri Tjahjo: Pegawai Negeri Harus Sering ke Lapangan, Jangan hanya Duduk di Kantor
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDA ACEH - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meminta para pegawai negeri sipil harus lebih sering turun ke lapangan. 

Menteri Tjahjo mengingatkan para pegawai negeri sipil untuk tidak hanya bekerja dari kantor, dan cuma mendapatkan laporan tertulis saja. 

"Pegawai jangan hanya duduk bertumpuk di kantor, hanya dapat laporan tertulis, tetapi harus sering ke lapangan," kata Menteri Tjahjo usai meninjau pelayanan pembuatan SIM (surat izin mengemudi) terhadap masyarakat di Mapolresta Banda Aceh, Kamis (28/10). 

Mantan menteri dalam negeri (mendagri) itu menuturkan seorang pegawai di Dinas Pekerjaan Umum, mereka harus memastikan kondisi di lapangan.

Begitu juga pada ASN di Dinas Peternakan, kata Tjahjo, harus dapat melihat langsung ternak di masyarakat. 

"Turun lapangan untuk mendengar apa saja keluhan masyarakat, mendengar langsung aspirasi masyarakat," ungkap mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu.

Menurut Tjahjo, langkah tersebut perlu dilakukan oleh setiap pegawai, supaya informasi yang diperoleh benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Ini yang namanya reformasi birokrasi, ada kecepatan dan ketepatan informasi," kata Tjahjo Kumolo. (antara/jpnn) 

Menteri Tjahjo meminta para pegawai negeri sipil lebih sering turun ke lapangan, tidak hanya bekerja di kantor dan menerima laporan tertulis saja.