Menteri Yuddy Pastikan Jumlah Pemda Berkinerja Baik Tahun Ini Meningkat

Menteri Yuddy Pastikan Jumlah Pemda Berkinerja Baik Tahun Ini Meningkat
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) melalui pendampingan secara intensif yang terus dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), mulai membuahkan hasil. 

Menurut MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, hasil evaluasi tahun 2014, menunjukan rata-rata nilai akuntabilitas kinerja terhadap 83 Kementerian/Lembaga sebesar 64,69 berkategori baik, 34 pemerintah provinsi 59,21 berkategori cukup dan 505 pemerintah kab/kota 44,92 berkategori kurang. Sedangkan untuk 2015, proses evaluasi masih berlangsung. 

"Penilaian untuk tahun 2015 masih berjalan. Namun, berdasarkan perkembangan dari awal tahun 2015, dapat diproyeksikan akan terjadi kenaikan nilai rata-rata akuntabilitas kinerja, khususnya di pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kab/Kota," ungkap Yuddy di Jakarta, Kamis (29/10).

Adapun proyeksi perkiraan kenaikan nilai rata-rata tersebut menjadi: Kementerian/Lembaga 67, Pemerintah Provinsi 63 dan Pemerintah Kabupaten/Kota 51. Proyeksi tersebut diperoleh berdasarkan hasil pra evaluasi yang dilakukan terhadap beberapa K/L/P yang di tahun 2015 ini pimpinan K/L/P menunjukkan komitmen yang tinggi untuk memperbaiki kinerjanya. 

"Secara faktual angka-angka ini menunjukkan kemampuan instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan hasil penggunaan anggaran kepada masyarakat secara efektif dan efisien," terangnya. (esy/jpnn)

JAKARTA - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) melalui pendampingan secara intensif yang terus dilakukan Kementerian Pendayagunaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News