Menuju TPS Ini Harus Naik Trail dan Naik Perahu

Menuju TPS Ini Harus Naik Trail dan Naik Perahu
Trial harus dinaikkan perahu untuk bisa menjangkau TPS. Foto: Pojok Pitu/JPNN Group

jpnn.com - TUBAN - Ada pemandangan berbeda dalam proses pemungutan suara Pilkada serentak di Kabupaten Tuban. Sebuah TPS berada di seberang sungai Bengawan Solo yang lokasinya jauh terpencil dengan medan yang berat yang harus dilalui. 

Untuk menuju TPS itu, perlu perjuangan berat para petugas membawa logistik dan perlengkapan administratif lainnya.  TPS 6, Dukuh Pencol, Dusun Ketapang, Desa Campurrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. berada jauh di seberang sungai Bengawan Solo. 

Petugas PPS dengan dibantu aparat keamanan, terpaksa mendatangi mereka dengan motor trail. Sementara untuk menyeberang sungai Bengawan Solo, terpaksa menggunakan perahu tradisional menyusuri sungai sejauh 4 kilometer.  

Kondisi medan dan jalanan yang sulit inipun sempat membuat proses pemungutan suara molor selama hampir satu jam dari jadwal. Proses pemungutan suara yang semestinya dibuka pukul 07.00 WIB terpaksa baru dapat dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Kepala Dukuh Pencol, Miftakhul Reza, menceritakan bahwa Dukuh Pencol memang telah terpencil sejak lama. Tepatnya sejak peristiwa putusnya tanggul Bengawan Solo di tahun 1968. Peristiwa tersebut membuat Dusun Pencol menjadi terasing diseberang selatan Bengawan Solo atau berjarak lebih dari 4 kilometer dari pusat desa.

"Pilkada Tuban 2015 ini, Dukuh Pencol yang dihuni 78 kepala keluarga, masuk TPS 6 dan memiliki jumlah DPT sebanyak 182 pemilih, tersebar di dua RT, yakni RT 4 dan RT 5," kata Reza. (pul/pojokpitu/jon/jpnn)


TUBAN - Ada pemandangan berbeda dalam proses pemungutan suara Pilkada serentak di Kabupaten Tuban. Sebuah TPS berada di seberang sungai Bengawan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News