Menunggu Kebangkitan Motor Jawa Melalui Mesin Unik 300cc

Menunggu Kebangkitan Motor Jawa Melalui Mesin Unik 300cc
Ilustrasi Jawa Motors. Foto: Jawa/JPNN.com

jpnn.com - Pada 2016, perusahaan dari konglomerat asal India - Mahindra Group - mengumumkan pengambil alihan merek dagang paling ikonik yaitu Jawa Motors. Sejak pengambilan ini, kabarnya Jawa Motors akan dibangkitkan dari kubur.

CEO Mahindara Group Anand Mahindra mengatakan, pihaknya ingin membangun mesin di motor Jawa memiliki DNA klasik namun tetap membawa genre sporti. Mereka akan berkerja sama dengan salah satu spesialis mesin terkemuka bermarkas di Varese, Italia. Diprediksi ialah Roadster 300.

"Kami ingin membangun mesin dengan kurva torsi lebih besar beserta tenaga mumpuni. Kami juga ingin menyatukan aliran motor klasik dan sport," kata Mahindra seperti dilansir Rushlane, Jumat (19/10).

Menunggu Kebangkitan Motor Jawa Melalui Mesin Unik 300cc
Mesin baru Jawa Motors

Jawa Motors memang memiliki suara mesin unik, mengingat karena mampu merepleksikan suara motor klasik 2-stroke pada mesin modern 4-stroke.

Jawa Motors memiliki mesin baru DOHC 2-silinder 293 cc yang diklaim memberikan tenaga 27 hp dan torsi 28 Nm.

Sebagai perbandingan, Mahindra memiliki mesin dari Mojo berkubikasi 295 cc satu silinder DOHC bertenaga 27 hp dan torsi 30 Nm. Meskipun spesifikasi tarlihat mirip, namun Mahindra mengklaim bahwa mesin Jawa lebih canggih dibanding Mojo.

Mahindra tidak menyebutkan kapan Jawa akan diluncurkan. Namun, Bos Mahindra Group ini pernah mengatakan dalam waktu dekat motor akan segera dihadirkan di India.

CEO Mahindara Group Anand Mahindra mengatakan, pihaknya ingin membangun mesin di motor Jawa memiliki DNA klasik namun tetap membawa genre sporti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News