Menyedihkan, Sejumlah Remaja Terinfeksi HIV AIDS Gegara Perilaku tak Terpuji

Menyedihkan, Sejumlah Remaja Terinfeksi HIV AIDS Gegara Perilaku tak Terpuji
Aktivis membagikan selebaran berisi imbauan tentang bahaya Aids kepada pengendara yang melintas di jalan raya Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021) ANTARA/Destyan Sujarwoko)

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Sejumlah remaja usia 13-24 tahun di Tulungagung, Jawa Timur terinfeksi HIV AIDS akibat perilaku tak terpuji.

Menurut Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, para remaja terinfeksi akibat perilaku hubungan dewasa secara bebas.

"Angka prevalensinya sebenarnya tidak terlalu besar. Di bawah 10 persen, tetapi ini patut diantisipasi dan diwaspadai," ujar Sekretaris KPA Tulungagung, Ifada Nur Rohmania.

Dia menyatakan hal itu usai aksi simpatik membagikan bunga dan brosur pencegahan HIV AIDS, dalam rangka memperingati Hari AIDS se-Dunia di anjungan Sungai Ngrowo, Tulungagung, Rabu (12/1).

Tren itu bahkan ditemukan hampir setiap bulan.

Bahkan, dalam satu hari KPA pernah mengidentifikasi lima remaja yang positif HIV AIDS melalui satu metode pemeriksaan di klinik VCT (voluntaru counseling and testing).

Setelah dilakukan konseling secara mendalam, diketahui para remaja pengidap HIV AIDS ini rata-rata telah melakukan hubungan suami istri secara bebas.

Bahkan, ada yang mengaku beberapa kali gonta-ganti pasangan.

Menyedihkan, sejumlah remaja di Tulungagung, Jawa Timur terinfeksi HIV Aids gegara perilaku tak terpuji.

Sumber ANTARA