Menyetel Persneling Vespa PX 100

Menyetel Persneling Vespa PX 100
Menyetel Persneling Vespa PX 100. Foto: Otorend/JPNN.com

jpnn.com - Vespa identik dengan sistem persneling model manual, dengan bantuan gigi moel kapak, yang tersentral pada dua seling dan terhubung pada holder kiri.

"Kalau meninjau sistem mekanisnya, memang gigi model kapak tadi mudah timbul coakan dan berdampak pada sulitnya memindah persneling, " jelas Sanjaya dari Sanjaya Modified di kawasan Jl. Supriadi, Kandangan I, Ngawi, Jawa Timur.

Kalau sudah mengalami problem ini, bongkar yuk. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya seperti yang dilansir Ototrend (Jawa Pos Group).
    
Caranya, buka lebih dulu penutup rumah gerigi persneling di sisi kanan bawah pakai obeng min atau plus. Setelah terlihat dalemannnya, giliran kendorkan baut napel dengan kunci sok 8 mm, baru setelah itu tarik dan ulur sesuai dengan speling menaik dan menurunkan gigi yang paling benar.
    
Ketika menambah persneling terasa pendek pergerakan holdernya. Begitu juga saat menurunkan, usahakan pergerakan holder juga minim. Kelar menyetelnya, tambahkan vet di seputar gigi model kapak tadi, agar pergerakannya licin dan ringan di tangan.  
    
Selain penyetelan, periksa juga kabel pembungkus selingnya. Misalkan ada lekukan dan sampai terlihat selingnya, lebih baik ganti kabel berikut dengan selingnya. (fajar/jpnn)

 


Vespa identik dengan sistem persneling model manual, dengan bantuan gigi moel kapak, yang tersentral pada dua seling dan terhubung pada holder kiri.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News