JPNN.com

Merasa Malu, PNS Daerah Rame-rame Datangi Kantor Menteri Yuddy

Jumat, 15 Januari 2016 – 11:24 WIB Merasa Malu, PNS Daerah Rame-rame Datangi Kantor Menteri Yuddy - JPNN.com

JAKARTA – Beberapa hari ini Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ramai dikunjungi PNS daerah. Ada Apa?

Mesya Moehamad, Jawa Pos National Network (JPNN.com)

Mereka datang bukan mau demo lantaran rencana pemerintah memberlakukan rasionalisasi. Namun, kedatangan mereka ingin berkonsultasi dan meminta masukan untuk mendongkrak akuntabilitas kinerja di daerahnya masing-masing.

Penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota memang tidak dilakukan bersamaan dengan kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi. Saat ini, KemenPAN-RB terus melakukan pendampingan kepada pemda untuk memperbaiki akuntabilitas kinerjanya secara intensif. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan.‎

Tercatat sebanyak 166 perwakilan pemerintah kabupaten/kota hadir di Kementerian PAN-RB sejak 8 hingga 14 Januari 2016. Mereka seakan berlomba untuk mendongkrak akuntabilitas kinerjanya.‎‎

Pejabat Inspektorat Kabupaten Deli Serdang mengakui nilai akuntabilitas yang rendah daripada daerah lain, ia merasa malu. Untuk itu, ia merasa perlu untuk terus didampingi. “Di mana letak kekurangan kita, mana yang perlu dibenahi, sehingga kami tidak ketinggalan dengan daerah lain,” ujarnya di Kantor KemenPAN-RB, Kamis (14/1).

‎Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB, M. Yusuf Ateh menjelaskan, bimbingan yang dilakukan kali ini menyasar pada evaluasi perbaikan birokrasi di pemerintah daerah. 

“Kuncinya untuk daerah ada pada Sekda, Bappeda, Inspektorat, dan organisasi yang tentunya harus diawasi oleh Kepala Daerah. Oleh karena itu komitmen dibutuhkan dari pimpinan untuk memberikan arahan perbaikan akuntabilitas kinerjanya,” ujarnya.(esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...