Merasakan Berpuasa dengan Umat Muslim di Jerman

Di Masjid Turkish Dapat Takjil Sup Rempah-Rempah

Merasakan Berpuasa dengan Umat Muslim di Jerman
Foto : Maria Paramita for Jawa Pos
Bagaimana rasanya menjalani puasa Ramadan di Jerman yang umat muslimnya termasuk minoritas? Mantan wartawan Jawa Pos MARIA W. PARAMITA yang kini menempuh studi master di Stuttgart, Jerman, melaporkan.

 

= = = = = = = = = = = = = =

SAYA cukup beruntung. Dua Ramadan terakhir saya lewatkan di dua negara yang berbeda. Tahun lalu, saya menjalani puasa di Prancis dan tahun ini di Jerman. Jerman termasuk negara dengan penduduk muslim terbanyak kedua setelah Prancis.

 

Di antara total 80 juta jiwa penduduk Jerman, sekitar 3,5 juta merupakan warga muslim. Di Prancis, 6 juta di antara 63 juta penduduknya adalah muslim.

Dengan jumlah penduduk muslim yang cukup besar, Jerman tergolong "ramah" untuk muslimah seperti saya. Toko berlabel halal relatif gampang ditemui. Wanita berjilbab pun banyak dijumpai di mana-mana. Hampir 80 persen di antara 3,5 juta umat muslim itu merupakan warga keturunan Turki.

Bagaimana rasanya menjalani puasa Ramadan di Jerman yang umat muslimnya termasuk minoritas? Mantan wartawan Jawa Pos MARIA W. PARAMITA yang kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News