Merasakan Suasana ala Negeri Dongeng di Taman Nasional Babul

Merasakan Suasana ala Negeri Dongeng di Taman Nasional Babul
Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Babul). Foto: Kamajaya Shagir

jpnn.com, MAROS - Tidak perlu berlibur ke luar negeri untuk merasakan suasana ala negeri dongeng. Langkahkan saja kaki Anda ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Babul) di Kabupaten Maros dan Pangkajene, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satu alasan yang membuat liburan ke TN Babul bak berada di negeri dongeng adalah keberadaan berbagai jenis kupu-kupu nan cantik.

Antropolog Inggris Alfred Russel Wallace bahkan menjuluki TN Babul sebagai The Kingdom of Butterfly.

Kupu-kupu dengan beragam jenis, bentuk, ukuran, dan warna itu akan selalu menyambut wisatawan yang datang. Mereka seolah mengajak para pengunjung menari bersama.

Kupu-kupu itu dilindungi pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999.

Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulsel, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana.

Selain keberadaan beragam spesies kupu-kupu, gua-gua di TN Babul juga membuat wisatawan merasakan nuansa ala negeri dongeng.

Salah satu yang paling terkenal adala Gua Batu. Sangat mudah untuk menjangkau Gua Batu karena ada anak tangga yang sudah dibangun

Tidak perlu berlibur ke luar negeri untuk merasakan suasana ala negeri dongeng. Datang saja ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Babul)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News