Merdeka Award untuk Program Inovatif Kementan di Masa Covid-19

Merdeka Award untuk Program Inovatif Kementan di Masa Covid-19
Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan di Merdeka Award 2021. Foto : Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan di Merdeka Award 2021. Kementan dinilai memiliki program inovatif selama pandemi Covid-19.

Merdeka Award merupakan ajang penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada mereka yang berjuang, menginspirasi, dan membantu mengatasi pandemi Covid-19.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengapresiasi upaya yang dilakukan para penerima penghargaan sebagai bagian dari perjuangan membangun Indonesia di masa virus corona.

Mantan Ketua MUI itu mengajak seluruh masyarakat tetap semangat dan optimistis mengahadapi virus asal Wuhan, China tersebut.

“Marilah kita (Indonesia) terus meningkatkan empati, kepedulian kepada sesama di masa pandemi ini untuk bangun Indonesia yang lebih maju,” kata Ma’ruf saat memberi sambutan pembuka secara virtual di Merdeka Award.

Merespons penghargaain itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan, selama ini Kementan fokus menerapkan 5 cara bertindak (CB) sebagai upaya menjaga eksistensi kegiatan usaha tani dan stabilitas ketahanan pangan di masa pandemi.

Pertama, fokus pada peningkatan kapasitas produksi, mulai dari pengembangan lahan rawa hingga perluasan areal tanam baru. Kedua, diitikberatkan pada diversifikasi pangan lokal, dan pemanfaatan perkarangan sebagai sumber pangan.

"(CB 3) lebih kepada penguatan cadangan dan system logistik pangan," kata Kuntoro dalam keterangan yang diterima JPNN.com, Rabu (31/3).

Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan di Merdeka Award 2021. Kementan dinilai memiliki program inovatif selama pandemi Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News