Mike Mohede Meninggal Dunia, Pelajaran tentang Pentingnya Check Up Rutin

Mike Mohede Meninggal Dunia, Pelajaran tentang Pentingnya Check Up Rutin
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - JAKARTA – Mike Mohede meninggal dunia dalam usia yang masih muda, 32 tahun. Penyanyi berbadan tambun itu dikabarkan terkena serangan jantung.

Peristiwa ini bisa menjadi pelajaran mengenai pentingnya check up atau pemeriksaan kesehatan.

Wakil Ketua PB Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB, menjelaskan, check up merupakan suatu upaya  untuk mendeteksi adanya kelainan yang terjadi pada tubuh kita, walaupun belum timbul gejala. 

“Karena ada beberapa keadaan sakit yang memang hanya dapat diketahui kalau kita melakukan check up misal pemeriksaan laboratorium. Penyakit-penyakit yang bisa dideteksi dengan pemeriksaan kesehatan antara lain penyakit kencing manis (DM), kadar kolesterol tinggi dan trigliserida yang tinggi, kadar asam urat yang tinggi, hipertensi dan gangguan jantung,” terang pengajar di Division of Gastroenterology, Department of Internal Medicine, University of Indonesia, itu. 

Selain itu pemeriksaan skrining awal, lanjutnya,  adanya kemungkinan kanker dapat dideteksi dengan pemerisaan laboratorium, foto dada serta  USG abdomen.

Oleh karena itu, saran dia,  bagi mereka yang berumur diatas 40 tahun dan tidak pernah check up apalagi dengan berbagai faktor resiko seperti umur di atas 40 tahun, obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida, diabetes mellitus (DM), riwayat keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga rutin dan stres dianjurkan untuk segera check up. 

“Saat ini jika kita mengalami obesitas, indeks masa tubuh lebih dari 30 kg/m2, maka sebenarnya kita berisiko dengan berbagai penyakit apalagi kalau ternyata kita juga mempunyai kadar kolesterol tinggi, sudah terjadi hipertensi, apalagi kalau juga mempunyai kebiasaan merokok dan minum alcohol,” paparnya.

Bagaimana mengenali sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita? Dijelaskan, sebenarnya kita bisa mendeteksi kalau ada sesuatu yang tidak beres pada organ tubuh kita. Sesak nafas, lelah yang tidak seperti biasanya, nyeri di dada terutama dada kiri, nyeri di daerah ulu hati setelah atau saat melakukan aktifitas olah raga tertentu merupakan gejala yang harus kita amati dan tentu dievaluasi lebih lanjut. 

JAKARTA – Mike Mohede meninggal dunia dalam usia yang masih muda, 32 tahun. Penyanyi berbadan tambun itu dikabarkan terkena serangan jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News