Minta UU Minerba Ditunda, Bupati Sumbawa Surati SBY

Minta UU Minerba Ditunda, Bupati Sumbawa Surati SBY
Bupati Sumbawa Barat, Zulkifli Muhadli. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Bupati Sumbawa Barat, Zulkifli Muhadli menilai pelaksanaan Undang-undang Minerba Nomor 4 Tahun 2009 yang akan diterapkan pada 12 Januari 2014 berpotensi terjadi pengurangan tenaga kerja secara besar di PT Newmont.

Sebab, dalam regulasi tersebut dinyatakan bahwa pelarangan ekspor bahan mineral mentah bagi perusahaan tambang. Sehingga, produktivitas Newmont dipastikan akan menurun dan berimbas pada pengurangan karyawan yang sebagian besar tenaga kerja Newmont merupakan penduduk Sumbawa Barat.

Karenanya Zulkifli melayangkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menunda pelaksanaan UU tersebut.

"Saya telah surati presiden minta tolong ditunda dulu. Kita mendukung UU tersebut, tapi tolong ditunda sampai mereka ada jalan keluar," ujar Zulkifli di Gallery Kafe, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Kamis (26/12).

Dia menambahkan bahwa penetapan UU Minerba tidak dapat dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Ini sama saja akan terjadi PHK secara besar di wilayah Sumbawa Barat karena larangan ekspor ini. Walaupun Newmont diganti oleh Antam, itu akan sama saja," pungkasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Bupati Sumbawa Barat, Zulkifli Muhadli menilai pelaksanaan Undang-undang Minerba Nomor 4 Tahun 2009 yang akan diterapkan pada 12 Januari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News